RANGKUMAN MATERI DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD
Oleh : Kukuh Tri Widayanto,S.Pd, M.Pd
Hakikat
ipa dengan inkuiri
mempunyai hubungan yang sangat erat dimana hakikat IPA adalah inkuiri itu
sendiri
Cara-cara ilmuwan untuk memperoleh
penemuan diantaranya:
Mengumpulkan data,merumuskan masalah dan
hipotesis,serta menguji hipotesis
Observasi merupakan
keterampilan proses sains yang melibatkan pancaindera untuk memperoleh
informasi atau data-data suatu benda atau kejadian.
Prediksi adalah
keterampilan untuk membuat dugaan atau perkiraan dan kejadian atau keadaan yang
akan datang berdasarkan hasil observasi,pengukuran dan informasi yang telah
diketahui.
Variabel kontrol
adalah variabel yang selalu dibuat sama ( tetap) dalam suatu percobaan.
Keterampilan berkomunikasi melilbatkan keterampilan untuk menyampaikan hasil pengamatan berupa
informasi yang dapat berbentuk narasi, diagram, peta,grafik, tabel maupun
gambar
Apabilla kita sebelum penelitian melakukan
survey maka informasi yang kita peroleh biasanya secara langsung.
Interprretasi data
sangat penting untuk di kuasai dalam penelitian supaya informasi yang diperoleh
dapat dikomunikasikan dengan baik.
Dalam menentukan sampel kita perlu
hati-hati karena sampel yang ditentukan mewakili kondisi yang sebenarnya dari
populasi…***
Literasi sains adalah
kapasitas pengetahuan, pemahaman dan kemampuan yang sejalan dengan tuntutan
orang dewasa sedangkan literasi sains dalam PISA merupakan bentuk/krangka
asesmen yang mengaskes kapasitas pengetahuan dan kemampuan yang sejalan dengan
tuntutan orang dewasa nantinya. Karakteristik
soal literasi sains mengandung informasi untuk diolah dan meminta responden
mengolahnya untuk menjawab butir soal proses.lingkup literasi sains
meliputi materi IPA proses IPA dan konteks personal masyarakat global.
PISA ( performance for international students assessment ) merupakan
studi internasional pada literasi membaca, literasi matematika dan literasi
sains pada anak usia 15 tahun
S-APA ( science Aprocess approach ) merupakan pendekatan pembelajaran
sains yang menekankan pada pengembangan metode ilmiah.
TIMSS ( third/trend of international mathematics and science study) merupakan
studi internasional tentang pncapaian kemampuan matematika dan sains pada siswa
kelas 4 ( usia 9 tahun )dan kelas 8 ( usia 13-14 tahun
Konsep adalah hasil abstraksi manusia berdasarkan pengalaman sedangkan perbedaan konsep dengan konsepsi adalah
konsep bersifat objektif sedangkan konsepsi bersifat subjektif. Prakonsepsi diperoleh dari hasil
interaksi lingkungan sedangkan konsep diperoleh dari pendidikan formal
setiap orang memiliki prakonsepsi, dengan belajar orang mengubah konsepsinya.
Mengajar menurut
pandangan konstruktivisme adalah membantu siswa meluruskan konsepsinya
Model
pembelajaran merupakan kerangka untuk merancang
mekanisme pembelajaran yang bermakna.dalam pembelajaran
interaktif siswa dan guru harus terlibat dalam suatu kegiatan pembelajaran. Salah satu ciri Karakteristik pembelajaran terpadu adalah mengabung beberapa
kegiatan dalam suatu tema pembelajaran adapun kelebihan pmbelajaran terpadu
siswa lebih dapat mempelajari alam secara utuh karena siswa dapat berfikir
secara langsung
Klasifikasi sistem buatan yaitu pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri
morfologi yang mudah dilihat. makluk hidup dikatakan memiliki kekerabatan yang
dekat apabilla memiliki banyak persamaan ciri.
Urutan tingkat takson dari tingkat rendah ke tingkat tinggi adalah spesies-genus-famili-ordo-kelas-filum
Plantae dimasukkan
dalam sistem lima kingdom karena memiliki ciri yaitu eukariot, bersel banyak, dan dapat
melakukan fotosintesis
Jamur dipisahkan menjadi kingdom
tersendiri karena bersifat heterotrof menyerap zat-zat makanan dari lingkungan.
Adaptasi adalah kemampuan makhuk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap
lingkukngan tempat hidupnya yang memungkinkan tetap hidup dan berkembangbiak di
lingkungan alaminya.
Adaptasi dibagi menjadi 3 diantaranya adaptasi
morfologi yaitu merupakan penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya
berkaitan dengan bentuk dan struktur organ tubuh yang tampak dari luar dan
mudah diamati , sehingga adaptasi tersebut paling mudah di kenal dan ditemukan.adaptasi fisiologi adalah penesuaian
fungsi fisiologi alat-alat atau organ-organ tubuh terhadap lingkukngannya. Adaptasi tingkah laku adalah cara penyesuaian makhluk hidup tterhadap
lingkungannya melalui tingkah laku.
Adaptasi tumbuhan di gurun
pasir dilakukan dengan cara membentuk daun kecil
dan tipis hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan yang terlalu besar
,mengingat daerah gurun pasir mempunyai suhu dan pancaran sinar matahari yang
tinggi sedangkan unta memiliki
kantong air agar dapat hidup bertahan di gurun pasir
Di dalam kehidupan tentunya kita ingin hidup
sehat, untuk mendapatkan hal ini tentunya diimbangi dengan makanan yang sehat
dan bergizi. Makanan ini harus seimbang yang trdiri dari karbohidrat ( nasi/
penggantinya ), sayuran dan buah-buahan ( vitamin dan mineral ) lemak serta
protein ( daging dan tempe ) serta susu. Menu makanan untuk anak-anak sangat
tergantung dengan kebutuhan yang sangat di pengaruhi oleh berat badan, tinggi
badan, umur ,jenis kelamin serta jenis aktivitas yang dilakukan. Perlu kita
perhatikan agar zat gizi makanan tidak hilang ketika diolah hendaknya kita
melakukan pemanasan yang lbih ini dimaksudkan untuk meningkatkan organoleptik
atau citra rasa pangan, meningkatkan daya guna serta meningkatkan nilai gizi.
Nutrisi adalah satuan-satuan yang menyusun bahan makanan dimana dalam bahan
makanan tersebut biasanya sudah mengandung zat gizi yaitu karbohidrat, protein,
lemak, vitamin dan mineral.sedangkan didalam tubuh kita terdapat banyak sel-sel
disini peran protein sangat diperlukan bagi tubuh kita khususnya untuk
mengganti sel-sel yang rusak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar