Kamis, 22 November 2012

resume IPA universitas terbuka semester 9



RANGKUMAN MATERI DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD
Oleh : Kukuh Tri Widayanto,S.Pd, M.Pd

             Hakikat ipa dengan inkuiri mempunyai hubungan yang sangat erat dimana hakikat IPA adalah inkuiri itu sendiri
Cara-cara ilmuwan untuk memperoleh penemuan diantaranya:
Mengumpulkan data,merumuskan masalah dan hipotesis,serta menguji hipotesis
Observasi merupakan keterampilan proses sains yang melibatkan pancaindera untuk memperoleh informasi atau data-data suatu benda atau kejadian.
Prediksi adalah keterampilan untuk membuat dugaan atau perkiraan dan kejadian atau keadaan yang akan datang berdasarkan hasil observasi,pengukuran dan informasi yang telah diketahui.
Variabel kontrol adalah variabel yang selalu dibuat sama ( tetap) dalam suatu percobaan.
Keterampilan berkomunikasi melilbatkan keterampilan untuk menyampaikan hasil pengamatan berupa informasi yang dapat berbentuk narasi, diagram, peta,grafik, tabel maupun gambar
Apabilla kita sebelum penelitian melakukan survey maka informasi yang kita peroleh biasanya secara langsung.
Interprretasi data sangat penting untuk di kuasai dalam penelitian supaya informasi yang diperoleh dapat dikomunikasikan dengan baik.
Dalam menentukan sampel kita perlu hati-hati karena sampel yang ditentukan mewakili kondisi yang sebenarnya dari populasi…***
Literasi sains adalah kapasitas pengetahuan, pemahaman dan kemampuan yang sejalan dengan tuntutan orang dewasa sedangkan literasi sains dalam PISA merupakan bentuk/krangka asesmen yang mengaskes kapasitas pengetahuan dan kemampuan yang sejalan dengan tuntutan orang dewasa nantinya. Karakteristik soal literasi sains mengandung informasi untuk diolah dan meminta responden mengolahnya untuk menjawab butir soal proses.lingkup literasi sains meliputi materi IPA proses IPA dan konteks personal masyarakat global.
PISA ( performance for international students assessment ) merupakan studi internasional pada literasi membaca, literasi matematika dan literasi sains pada anak usia 15 tahun
S-APA ( science Aprocess approach ) merupakan pendekatan pembelajaran sains yang menekankan pada pengembangan metode ilmiah.
TIMSS ( third/trend of international mathematics and science study) merupakan studi internasional tentang pncapaian kemampuan matematika dan sains pada siswa kelas 4 ( usia 9 tahun )dan kelas 8 ( usia 13-14 tahun
Konsep adalah hasil abstraksi manusia berdasarkan pengalaman sedangkan perbedaan konsep dengan konsepsi adalah konsep bersifat objektif sedangkan konsepsi bersifat subjektif. Prakonsepsi diperoleh dari hasil interaksi  lingkungan sedangkan konsep diperoleh dari pendidikan formal setiap orang memiliki prakonsepsi, dengan belajar orang mengubah konsepsinya.
Mengajar menurut pandangan konstruktivisme adalah membantu siswa meluruskan konsepsinya
           Model pembelajaran merupakan kerangka untuk merancang mekanisme pembelajaran yang bermakna.dalam pembelajaran interaktif siswa dan guru harus terlibat dalam suatu  kegiatan pembelajaran. Salah satu ciri Karakteristik pembelajaran terpadu adalah mengabung beberapa kegiatan dalam suatu tema pembelajaran adapun kelebihan pmbelajaran terpadu siswa lebih dapat mempelajari alam secara utuh karena siswa dapat berfikir secara langsung
Klasifikasi sistem buatan yaitu pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri morfologi yang mudah dilihat. makluk hidup dikatakan memiliki kekerabatan yang dekat apabilla memiliki banyak persamaan ciri.
Urutan tingkat takson dari tingkat rendah ke tingkat tinggi adalah spesies-genus-famili-ordo-kelas-filum
Plantae dimasukkan dalam sistem lima kingdom karena memiliki ciri  yaitu eukariot, bersel banyak, dan dapat melakukan fotosintesis
Jamur  dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena bersifat heterotrof menyerap zat-zat makanan dari lingkungan.
               Adaptasi adalah kemampuan makhuk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkukngan tempat hidupnya yang memungkinkan tetap hidup dan berkembangbiak di lingkungan alaminya.
Adaptasi dibagi menjadi 3 diantaranya adaptasi morfologi yaitu merupakan penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya berkaitan dengan bentuk dan struktur organ tubuh yang tampak dari luar dan mudah diamati , sehingga adaptasi tersebut paling mudah di kenal dan ditemukan.adaptasi fisiologi adalah penesuaian fungsi fisiologi alat-alat atau organ-organ tubuh terhadap lingkukngannya. Adaptasi tingkah laku adalah cara penyesuaian makhluk hidup tterhadap lingkungannya melalui tingkah laku.
Adaptasi tumbuhan di gurun pasir dilakukan dengan cara membentuk daun kecil dan tipis hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan yang terlalu besar ,mengingat daerah gurun pasir mempunyai suhu dan pancaran sinar matahari yang tinggi sedangkan unta memiliki kantong air agar dapat hidup bertahan di gurun pasir
               Di dalam kehidupan tentunya kita ingin hidup sehat, untuk mendapatkan hal ini tentunya diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan ini harus seimbang yang trdiri dari karbohidrat ( nasi/ penggantinya ), sayuran dan buah-buahan ( vitamin dan mineral ) lemak serta protein ( daging dan tempe ) serta susu. Menu makanan untuk anak-anak sangat tergantung dengan kebutuhan yang sangat di pengaruhi oleh berat badan, tinggi badan, umur ,jenis kelamin serta jenis aktivitas yang dilakukan. Perlu kita perhatikan agar zat gizi makanan tidak hilang ketika diolah hendaknya kita melakukan pemanasan yang lbih ini dimaksudkan untuk meningkatkan organoleptik atau citra rasa pangan, meningkatkan daya guna serta meningkatkan nilai gizi.
           Nutrisi adalah satuan-satuan yang menyusun bahan makanan dimana dalam bahan makanan tersebut biasanya sudah mengandung zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.sedangkan didalam tubuh kita terdapat banyak sel-sel disini peran protein sangat diperlukan bagi tubuh kita khususnya untuk mengganti sel-sel yang rusak.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar